Pelayanan Dalam Kasih Tuhan

Resume Khotbah

PDKT (Pelayanan Dalam Kasih Tuhan)
Ibu Sarah Helena
16 Maret 2018
1 Yohanes 3:18

Kasih adalah salah satu ciri dari orang kristen. Maka sudah seharusnya kita sebagai orang kristen memiliki kasih. “Dan inilah perintah-Nya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita.” (1 Yohanes 3:23). Pada ayat tersebut kita diperintahkan untuk mengasihi, bukan hanya orang yang dapat kita kasihi tetapi juga musuh kita.

Kita diperintahkan untuk mengasihi Tuhan, sesama, diri sendiri bahkan musuh kita. Sanggupkah kita mengasihi musuh kita? kita biasanya memilih enggan untuk mengasihi musuh kita dengan alasan bahwa manusia bisa saja mengecewakan, tetapi Tuhan tidak. Kita sebagai orang kristen harus dapat mengasihi musuh kita, bahkan ketika kita menyimpan rasa kesal terhadap seseorang yang melakukan kesalahan kepada kita, kita harus meminta maaf terlebih dahulu karena menyimpan rasa kesal terhadap orang tersebut. Kita tidak dapat mengasihi dengan mengandalkan kekuatan kita sendiri, kita harus membiarkan Roh Kudus memimpin kita karena pada hakekatnya sifat alami manusia ialah egois, bukan kasih.

Dalam 1 Korintus 13, Paulus dalam suratnya membagikan bagaimana kita seharusnya mengasihi. Kasih itu memiliki karakter yang luas, yakni

1. Kasih itu sabar. Artinya kita tidak tawar hati, bertekun dengan sabar dan percaya bahwa Allah telah menyiapkan upah yang baik untuk kita.

2. Kasih itu murah hati. Artinya mencari cara agar dapat berguna dan fokus kepada kebutuhan orang lain, bukan pada kesalahan orang lain.

3. Kasih itu tidak iri hati. Artinya kita tidak tergerak oleh keinginan untuk memiliki punya orang lain namun berpuas hati dengan kebutuhan dasar dan persekutuan dengan Tuhan yang telah dianugerahkan-Nya.

4. Kasih itu tidak memegahkan diri/sombong. Artinya tidak menggembar-gemborkan kemampuan atau prestasi pribadi kepada orang lain serta tidak meninggikan dirinya dengan perkataan indah. Orang kristen harusnya memiliki sikap rendah hati dan bermegah hanya di dalam Tuhan.

5. Kasih itu tidak melakukan yang tidak sopan. Artinya kasih itu tidak pamer untuk menarik perhatian atau membangkitkan hasrat sensual dalam diri orang lain.

Serta kasih itu juga tidak mencari keuntungan sendiri, tidak pemarah, dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Kasih memiliki aspek yang sangat luas sehinga butuh ketekunan dan kesetiaan untuk dapat tumbuh menjadi dewasa kasih. Bahkan untuk membahasnya saja tidak cukup dua atau tiga jam.

Oleh karena itu, Tuhan memerintahkan kita untuk memiliki kasih bukan dengan mengandalkan kekuatan diri sendiri, tetapi mengandalkan Roh kudus. Sebab kita juga tidak hanya mengasihi orang yang dapat kita kasihi, melainkan benar mengasihi semua orang. Manusia dunia membenci orang percaya, namun kita harus menunjukkan bahwa kita berbeda dengan cara menunjukkan kasih itu. Jika ada yang menyakiti hati kita, datangilah dan minta maaf. Tunjukanlah kasih kepada dunia ini. Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *