Fokus Ada Pada-Nya

Jumatan PMK ITB
12 Oktober 2012
Pembicara: Paula Cohen

Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya. – Efesus 2:10 (TB)

Tujuan hidup biasa disebut juga visi hidup. Hal yang paling penting dari tujuan hidup adalah isinya. Paulus berkata bahwa kita adalah ciptaan Allah. Tidak seorangpun di dunia ini yang dapat membuat kita sebagaimana kita ada saati ini. Pastikanlah Allah adalah fokus hidup kita, sehingga tidak ada orang lain atau harta benda yang membentuk kita. Misal ada perasaan tidak eksis jika tidak memakai Blackberry, berarti hidup kita adalah buatan barang yang dalam hal ini berarti Blackberry. Ada hal-hal lain yang membentuk hidup kita, misalnya apa yang orang katakan terhadap kita.

Kita diciptakan dalam Kristus Yesus. Tidak ada pribadi selain Yesus yang mau memberikan hidupnya. Allah sudah merencanakan hidup kita dalam Yesus. Kalau hidup kita di dalam Kristus, Allah sudah mempersiapkan pekerjaan baik. Ada rencana Allah supaya kita melakukan pekerjaan baik. Apa pekerjaan baik itu? Pekerjaan itu adalah tujuan ilahi dari Allah yang harus kita lakukan dalam hidup kita.

Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang. Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat. – Pengkhotbah 12:13-14 (TB)

Ada hal-hal yang tidak bisa dipilih dalam hidup ini, misal orang tua kita dan suku bangsa. Hal yang tidak bisa dipilih itu sudah ditetapkan Tuhan. Namun, ada yang dapat kita pilih dalam hidup ini, misal cita-cita. Kita harus selalu memutuskan sesuatu bersama Tuhan, karena keputusan yang kita ambil saat ini akan mempengaruhi kehidupan kita di masa depan. Keputusan harus diambil dengan penuh tanggung jawab. Pengkhotbah 12:14 berkata bahwa kita akan mempertanggung jawabkan segala perbuatan kita di hadapan Tuhan pada akhirnya.

Visi hidup di dalam Tuhan tidak akan berubah, yang dapat berubah adalah misi. Misi adalah langkah kecil untuk mencapai visi. Mempunyai tujuan hidup itu sangat penting. Tidak perlu bertanya mengenai fokus hidup kita kepada orang lain, karena hanya Tuhan yang tahu. Oleh karena itu, berdoa dan fokus kepada Tuhan saja.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *