Etos Kerja Kristen:Panggilan dan Karya Roh Kudus

Ibarat dua sisi mata uang, manusia dan kerja (work) tidak bisa dipisahkan. Sebagai bagian dari natur manusia, kerja bukan lagi sekadar mencari nafkah. Bekerja sudah menjadi gengsi tersendiri. Bekerja untuk memperoleh kekayaan, tingkatkan status sosial, bahkan identitas seseorang sering di-identikkan dengan kerjaannya.

Muncul pertanyaan tentang apa itu definisi kerja, makna kerja, hubungan kerja dan hakikat manusia, kerja yang memanusiakan manusia, kerja yang memuliakan Tuhan. Menjawab pelbagai pertanyaan tersebut dari perspektif iman Kristen, seminar ini akan memaparkan pandangan Luther dan Calvin tentang konsep “panggilan” (calling atau vocation) yang mengubah arti kerja secara radikal. Itu pertama kalinya kerja bermakna religius: “kerja itu ibadah” (laborare orare). Namun, tanpa Roh Kudus dan karya-Nya, kerja idak mungkin berpartisipasi dalam karya penciptaan Allah yang berkelanjutan.

Konsep kerja demikian melawan konsep-konsep kerja sekuler—kapitalisme dan sosialisme—yang merendahkan atau mendewakan kerja. Kiranya seminar yang menyoroti isu kerja secara historis, sosiologis, teologis, sampai hal-hal praktis ini boleh menjadi berkat bagi setiap peserta yang hadir.

One comment

  1. Shalom, bapak/ibu yang dikasihi Tuhan Yesus, saya mau bertanya bagaimana caranya saya boleh mendapatkan bahan seminar Etos Kerja Kristen: Panggilan dan Karya Roh Kudus oleh Pdt Benyamin F. Intan, Ph. D? Bahan ini sangat bermanfaat untuk pelayanan kami di Pekan Baru. Tolong informasinya. ini alamat kami: Jl. Garuda Sakti, Gg. Jeruk no. 5, Kel. Labuh Baru Timur, Kec. Payung Sekaki, Pekan Baru 28291.
    Tuhan Yesus membekati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *