PMK Open House (Perkantas)

PMK Open House terbentuk pada tahun 1977, berawal dari pelayanan seorang ibu bernama Dorothy I. Marx, dosen agama ITB yang memulai pendalaman Alkitab di kampus ITB. Atas berkat dan kasih karunia Tuhan, anggota kelompok PA yang terdiri dari 5 orang tersebut terus bertumbuh dan rindu untuk senantiasa menyatakan kasih Allah kepada sekelilingnya. Kelima orang tersebut mengajak teman-temannya hingga ke kampus-kampus lain seperti UNPAD, UNPAR, UKM, STBA untuk ikut dalam kelompok pendalaman Alkitab.

Semakin banyaknya anggota pendalaman Alkitab memunculkan kebutuhan untuk dapat saling mengenal dan memperhatikan keadaan antar orang di dalamnya. Kebutuhan-kebutuhan itu mendorong terbentuknya sebuah wadah bernama Open House. Nama Open House sendiri ingin menggambarkan sifat terbuka untuk semua mahasiswa dari berbagai kampus yang rindu bersekutu bersama. Dalam perkembangannya, Open House bergabung dengan Perkantas sebagai salah satu komponen pelayanan di dalamnya karena memiliki kesamaan visi. Bergabungnya Open House dengan Perkantas juga menjadi awal pelayanan Perkantas Jawa Barat.

PMK Open House sebagai salah satu komponen pelayanan Perkantas Jawa Barat saat ini melayani Mahasiswa dari kampus-kampus yang berada di Kota Bandung. Kampus anggota PMK OH antara lain ITB, UPI, UNPAD, UNIKOM, ITHB, ITENAS, STKS. PMK OH saat ini melayani sekitar 150 anggota dengan jumlah KTB sebanyak 47 buah.

Visi

Mempersiapkan mahasiswa menjadi alumni yang dewasa dan menjadi berkat dalam keluarga, gereja, masyarakat, bangsa dan negara serta dunia.

Misi

P1 – Penginjilan (Kisah Para Rasul 2:38)
Pemberitaan Injil melalui Pendekatan Pribadi, Kelompok Kecil, Kebaktian Kebangunan Rohani, dll. yang bertujuan agar mahasiswa mendengarkan Injil, lalu menyadari dirinya sebagai manusia yang berdosa, mau bertobat dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan Juruselamatnya secara pribadi.

P2 – Pembinaan/Pemuridan (2 Petrus 2:2)
Mahasiswa yang telah bertobat dibina/dimuridkan melalui bimbingan di kelompok kecil, persekutuan mingguan, seminar, retreat, dan lokakarya yang bertujuan agar para mahasiswa bertumbuh di dalam iman, karakter, pengetahuan, nilai-nilai Kristiani, dan keterampilan. Mahasiswa dapat semakin mengenal Tuhan dan Firman-Nya, bertumbuh dalam persekutuan dengan Tuhan dan sesama, dan hidup semakin serupa Kristus.

P3 – Pelipatgandaan (2 Timotius 2:2)
Mahasiswa yang telah dibina diberikan kepercayaan dan tanggung jawab mengembangkan karunianya dalam membina mahasiswa lain melalui pelipatgandaan sehingga semakin banyak mahasiswa yang mengenal Tuhan dan menjadi murid Kristus. Mahasiswa diperlengkapi dengan prinsip dan keterampilan melayani serta kepemimpinan rohani; melatih dan memotivasi agar terlibat melayani dalam kepengurusan atau tim pelayanan..

P4 – Pengutusan (Markus 16:15)
Mahasiswa kelak harus meninggalkan statusnya dan masuk dunia kerja kembali ke tengah masyarakat. Di sinilah proses pengutusan terhadap mahasiswa yang sudah dibina. Tujuan pengutusan adalah menolong mereka mengetahui panggilan dan kehendak Allah dalam hidup mereka melalui pekerjaan ataupun pelayanan mereka setelah lulus nanti, dan membina mereka agar lebih siap menghadapi kondisi nyata di dalam kehidupan sebagai alumni (mengintegrasikan iman dengan pekerjaan).

Karakteristik Pelayanan

  1. Berdasarkan pada Firman dan doa.
  2. Mengutamakan pembentukan karakter dan nilai-nilai kristiani (berpusat pada Kristus).
  3. Prakarsa dan tanggung jawab mahasiswa.
  4. Bersifat interdenominasi, bukan gereja melainkan perpanjangan tangan gereja.
  5. Kontekstual dan memberdayakan kepemimpinan setempat.
  6. Menekankan pembinaan pada Kelompok Kecil, melalui persekutuan dan persahabatan.
  7. Menekankan integrasi iman dan ilmu sebagai wujud ketaatan dalam melaksanakan Mandat Budaya dan Mandat Injil.

Pola Pelayanan

  1. Pelayanan Kelompok Kecil: Kelompok Tumbuh Bersama (KTB), Kelompok Pekabaran Injil melalui Pemahaman Alkitab (PIPA)
  2. Pelayanan Kelompok Besar: Persekutuan Besar, Kamp, KKR
  3. Pelayanan Pribadi: Persahabatan, Mentoring, Konseling
  4. Pelayanan yang difasilitasi dan didukung oleh Staf dan Alumni: Pembina Rohani, Associate Staff, TPPM/TPS, Pengurus, Donatur, dll
  5. Pelatihan-pelatihan untuk pertumbuhan rohani, pelayanan dan kepemimpinan
  6. Pelayanan melalui literatur dan multimedia: bahan PA, bahan KTB, bahan PIPA, buku bacaan
  7. Pelayanan Kontekstual: Persekutuan Profesi, Kelompok Minat, Diskusi Kepedulian Sosial, Program Bakti Sosial atau Pelayanan Kemanusiaan

Kegiatan PMK OH

  • KTB (Kelompok Tumbuh Bersama)
    Kelompok yang terdiri dari 3-4 orang dipimpin oleh seorang kakak/abang KTB. Kelompok ini menjadi “keluarga” kedua dimana kita bisa belajar Firman Tuhan, berbagi cerita suka duka bersama hingga saling menolong dan mendukung satu sama lain. KTB menjadi tempat bagi orang-orang di dalamnya untuk berbagi hidup, tempat kita mencurahkan kasih kita.
  • Persekutuan Sabtu (PS)
    Persekutuan Sabtu diadakan setiap hari Sabtu, pukul 15.30 di Basement ITHB, seperti namanya. Berbagai bentuk acara bisa kita rasakan selama mengikuti PS ini. Kita akan belajar bersama mengenai Firman-Nya melalui PA, Eksposisi, Khotbah, Diskusi Kasus, Diskusi Film, Games, Kebaktian Padang dan sebagainya. Kita juga merayakan Natal dan Paskah di PS ini. Persekutuan ini menjadi wadah KTB-KTB untuk saling mengenal, berbagi, mendoakan dan membangun di dalam kasih Kristus.
  • Penyambutan Mahasiswa Baru
    Acara ini merupakan momen bagi PMK Open House untuk menyambut mahasiswa baru. Penyambutan dilakukan untuk memperkenalkan PMK Open House kepada mahasiswa baru. Selain itu, PMK Open House juga menyelenggarakan OH Day. OH Day merupakan acara khusus bagi mahasiswa angkatan baru untuk lebih saling mengenal dan mengakrabkan diri.
  • Retreat
    Retreat menjadi wadah untuk menjawab kebutuhan anggota PMK Open House melalui pembahasan Firman Tuhan yang lebih mendalam.
  • Pelatihan Anggota
    PMK OH memfasilitasi anggota dengan berbagai macam pelatihan internal maupun dari Perkantas Jawa Barat untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, seperti OH Voice, Training Penginjilan, Training PA, Pelatihan Pelayan Mimbar (PPM), Pembinaan Doktrin Dasar dan sebagainya.
  • PKTB Fellowship
    Persekutuan bagi para PKTB yang bertujuan untuk memperlengkapi PKTB dalam menghadapi pergumulan-pergumulan dalam KTB. Selain itu, PKTB Fellowship menjadi ajang untuk saling berbagi, menolong dan menguatkan.
  • Persekutuan Doa
    Persekutuan doa ini menjadi kesempatan bersama untuk menaikkan permohonan syafaat bagi pribadi, keluarga, orang lain, bangsa dan negara, juga bisa terhadap suatu topik.
  • Kebersamaan dan Kunjungan Anggota
    Kunjungan sebagai bentuk perhatian antar anggota. Kunjungan anggota dapat berupa kunjungan ulang tahun, kunjungan duka, kunjungan wisuda, dan sebagainya. Olahraga bersama menjadi salah satu fasilitas bagi anggota untuk mengakrabkan diri satu sama lain.

PMK OH (Perkantas)

perkantas.net
pmkopenhouse@gmail.com
PMK Open House
pmkopenhouse
LINE: PMK Open House @wyf4860c
Jl. Cipaku Permai no. 14, Bandung 40143
(022) 2013 827
Edvin William Handoko (0856 2699 939)