Divisi Musik

Aku hendak menyanyi bagi TUHAN selama aku hidup, aku hendak bermazmur bagi Allahku selagi aku ada. Biarlah renunganku manis kedengaran kepada-Nya! Aku hendak bersukacita karena TUHAN. – Mazmur 104:33-34

Divisi musik merupakan wadah bagi anggota PMK ITB untuk melayani Tuhan dalam bidang musik, terkhusus sebagai pelayan mimbar dalam setiap ibadah PMK. Dari visi divisi musik tersebut, anggota divisi musik memiliki peranan untuk memimpin jemaat turut dalam pujian dan penyembahan kepada Tuhan lewat nyanyian dan mazmur dalam ibadah. Sebagai pelayan mimbar, divisi musik mempunyai andil untuk mengarahkan fokus jemaat kepada Tuhan agar pujian dan penyembahan yang diberikan “manis kedengaran kepada Tuhan.” Divisi musik berisi orang-orang yang menjadi pelayan mimbar (PM) dalam ibadah di PMK ITB yang format umumnya terdiri dari satu orang worship leader, dua orang singer, dan masing-masing satu orang gitaris, bassis, kibordis, dan cajonis.

Kegiatan yang dilakukan divisi musik di antaranya adalah menjadi pelayan mimbar pada ibadah PMK, Pembekalan Pelayan Mimbar (PPM), Persekutuan Doa Divisi Musik, Pelatihan WL, dan acara keakraban. Pelayan mimbar melayani dalam ibadah-ibadah di PMK ITB seperti iIbadah Jumat, Paskah, Natal, dan lain-lain.

PPM merupakan pembekalan yang diadakan setahun sekali dan biasanya berdurasi selama lebih kurang 4 bulan dengan frekuensi pertemuan ideal seminggu sekali. PPM berisi penyampaian materi tentang dasar-dasar kekristenan, tentang pujian dan penyembahan, dan latihan-latihan dalam bermusik. PPM ditujukan bagi anggota PMK yang ingin bergabung dalam Divisi Musik PMK ITB.

Persekutuan Doa Divisi Musik biasa diadakan setiap minggu. Persekutuan doa ini bertujuan untuk menggerakkan doa dalam pelayanan di divisi musik ini, sebab seorang Pelayan Mimbar adalah seorang “imam” yang harus memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menyatukan hati sesama pelayan mimbar.

Pelatihan WL dilaksanakan satu semester sekali dengan jumlah pertemuan dua kali. Pelatihan WL ini ditujukan kepada anggota divisi musik (umumnya singer) yang sedang/akan melayani sebagai WL dalam ibadah PMK. Pertemuan terdiri atas pemberian materi dan praktek bersamaan dengan simulasi.

Acara keakraban divisi musik terdiri dari foto bersama, malam keakraban, perayaan ulang tahun anggota, jalan-jalan dan kegiatan sporadis lainnya.

Koordinator Divisi

Andi Haryanto (KI ’15)
0823 3661 0930