Divisi Ekstern

Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada. Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang. – Kolose 4:5-6

Divisi Ekstern PMK merupakan divisi penghubung. Divisi Ekstern membangun dan menjalin hubungan antara PMK dengan dalam dan luar kampus ITB. Di dalam kampus ITB, divisi Ekstern membangun dan menjalin hubungan antara PMK dengan unit-unit, himpunan-himpunan, dan kabinet Keluarga Mahasiswa ITB. Di luar kampus ITB, divisi Ekstern membangun dan menjalin hubungan antara PMK ITB dengan PMK kampus lain, beberapa organisasi ekstrakampus seperti GMKI, dan alumni. Singkat cerita, Xtern bekerja untuk menginternalisasi isu eksternal dan mengeksternalisasi isu internal 🙂

Berikut adalah program kerja divisi Ekstern dan uraian singkatnya:

Jaringan Kerja Sama

JKS dibentuk atas dasar saling bertolong-tolongan antar-PMK kampus. Lingkup JKS yang diikuti oleh PMK ITB adalah Regional Barat dan se-Jawa-Bali. Forum Regional Barat diikuti oleh PMK kampus di regional barat, seperti UI, IPB, UPI, UNPAD, IT Telkom, ITB, dan diadakan tiga kali setahun. Forum se-Jawa-Bali diikuti PMK kampus regional barat, tengah, seperti UGM, timur seperti ITS, Unair.

Kolaborasi Kampus

Pemberitahuan mengenai hal-hal yang berkaitan struktur kepengurusan PMK ITB dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan unit ataupun himpunan. Forsil bertujuan menjalin hubungan antara PMK dengan unit, himpunan, dan keluarga mahasiswa di ITB. Forsil membahas masalah-masalah dan kegiatan kemahasiswaan, kampus, bahkan negara. Di forsil, tiap perwakilan unit dan atau himpunan bertukar pendapat tentang masalah atau kegiatan tersebut. Misalnya, forsil Open House Unit, untuk memperoleh gambaran lengkap OHU yang akan dilaksanakan.

Kepo Alumni

Kepo Alumni ini bertujuan untuk menanyakan kabar alumni sekarang agar tetap mempertahankan hubungan yang baik dengan alumni PMK ITB. Kepo Alumni sendiri merupakan wawancara baik langsung maupun non langsung. Kepo Alumni tidak bermaksud dengan tujuan mencari uang atau bantuan apapun. Kepo Alumni juga sarana bagi para alumni untuk menyampaikan pesan kepada adik-adiknya di PMK ITB.

Undangan

Undangan kegiatan kegiatan kerohanian dari PMK ITB ke kampus lain atau sebaliknya, undangan dari PMK kampus lain ke PMK ITB. Divisi Ekstern bertanggung jawab mengirim perwakilan PMK ITB untuk menghadiri undangan PMK kampus lain.

Rubrik Xternal

Rubrik Xternal merupakan fasilitas yang digunakan oleh divisi Ekstern untuk menginternalisasi isu-isu eksternal (Beasiswa, Exchange, dll). Selain itu Rubrik Xternal juga dipakai untuk menyalurkan tulisan dari alumni maupun PMK lain kepada massa PMK ITB. Serta juga dipakai jika ada organisasi luar PMK ITB yang ingin memberikan pengumuman ke massa PMK ITB.

Kunjungan Xternal

Kunjungan Xternal diadakan beberapa kali tiap semesternya. Kunjungan ini dilakukan biasanya ke PMK kampus lain dan juga kepada unit-unit. Kunjungan ini bertujuan untuk menjaga silaturahmi antara PMK ITB dengan organisasi luar PMK ITB. Dalam kunjungan biasanya bercerita tentang kondisi terkini, dan juga sharing berbagai hal lainnya.

Apabila kamu terpanggil untuk melayani lewat Divisi Xtern, silakan hubungi:

Koordinator Divisi

Febriyanti Panjaitan (FT ’15)
0812 144 5638