Resume Khotbah 21 Feb 2014: KEPOdulian

Posted by

KEPOdulian

Pembicara: Bapak Alamta Singarimbun
Notulis : Jireh Fessenden
Ayat Tema: 1 Korintus 12:27

“Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.”

Untuk mengerti apa ayat tema ini ada baiknya kita membaca keseluruhan perikop dari ayat ini, yaitu 1 Korintus 12 :12-31 . Perikop ini menceritakan tentang kita sebagai pelayan Allah, walaupun berbeda-beda, tetapi kita tetaplah satu tubuh dan Yesus-lah kepala atas kita semua.

Perbedaan muncul akibat kehendak Tuhan sendiri yang meciptakan setiap manusia adalah unik. Setiap manusia juga memiliki talenta-talenta yang berbeda yang Tuhan karuniakan kepada setiap manusia yang digunakan untuk membangun gereja (kepentingan bersama). (14) Dalam pelayanan setiap pelayan Allah memiliki fungsi-fungsi yang berbeda satu sama dan (18) Tuhan pasti punya rancangan yang indah untuk tiap-tiap anggota tubuhnya.

Dalam perkembangannya banyak hal bisa terjadi dalam bersatunya satu tubuh Kristus yang seharusnya kita imani bahwa Allah sanggup mempersatukan kita semua. Kita harus bisa menjahui sikap :

  1. Iri hati: Kita percaya bahwa setiap pelayanan adalah milik Allah dan apa yang menjadi milik-Nya tidak akan diterlantarkan oleh Allah
  2. Merasa hebat sendiri: Kemampuan yang ada pada kita adalah berasal dari Allah dan hanya digunakan untuk kemulian Allah, bukan kemuliaan kita sendiri.
  3. Sikap menghakimi: Kita hanya perlu menegur dengan kasih orang yang melakukan kesalahan dan membantu dia mengkoreksi kesalahannya.
  4. Merasa diri sangat penting: (21-25) Setiap pelayanan penting dihadapan Tuham, karena bila satu bagian tubuh tidak ada, maka tubuh akan sulit mengerjakan sesuatu.
  5. Curiga: Kita harus belajar percaya kepada teman sekerja kita, karena tidak mungkin perkerjaan bisa diselesaikan dengan baik bila tangan tidak percaya pada mata.
  6. Tidak ada pengakuan otoritas: Kita harus percata bahwa pemimpin kita dipilih dan diurapi oleh Tuhan.

Bagaimana bisa menghindari usaha Iblis untuk memecah persatuan? Satu-satunya cara ialah dengan fokus pada Tuhan. Kristus sebagai kepala harus menjadi fokus dari setiap anggota tubuh agar tubuh bisa mengerjakan sesuatu yang berguna. Mengapa demikian? Karena hanya KEPALA-lah yang bisa berfikir dan tahu tujuan keseluruhan dari rencananya. Manusia memang bisa berfikir, tapi dibandingkan dengan kemampuan berfikir Tuhan, apa yang manusia miliki sangat bisa diabaikan. Ketika kita tidak fokus kepada Tuhan dan mulai memakai talenta kita diluar kehendak-Nya akan membuat terhambatnya tubuh Kristus ini untuk mencapai tujuan.Apa yang menjadi tujuan kita semua? Tujuan kita semua adalah mengerjakan isi hati Tuhan yang mengerjakan keselamatan bagi bangsa-bangsa. Tuhan juga memiliki tujuan yang spesifik bagi PMK ITB, yaitu Yesaya 61:3b-4

Mari kita sama-sama mendoakan persatuan di PMK ITB ini karena Tuhan sendiri mendoakan persatuan Tubuh-Nya (Yohanes 17:20-23)

Tuhan Yesus Memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *