Resume Khotbah 14 Feb 2014: MenWA (Menaati Wakil Allah)

Posted by

MenWa(Menaati Wakil Allah)
Pembicara : Ko Andy Sugiarto Setiawan
Ayat Tema : Ibrani 13: 17

”Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.”

Jika kita baca secara sepintas, firman Tuhan kali ini menyuruh kita untuk menaati para pemimpin kita. Namun, bukan kita hanya menaati tanpa mungkin berbagai pertimbangan yang harus kita pikirkan terlebih dahulu. Lalu apakah yang harus kita pertimbangkan?

1. Jangan salah dalam kita berkomitmen
Ada hal yang perlu kita ketahui sebelum kita membuat komitmen kepada seorang pemimpin. Kita harus bias membedakan antara taat dan tunduk. Mungkin jika kita lihat secara arti bahasa mungkin kedua kata tersebut mempunyai makna atau arti yang sama. Namun, pada jika pelajari lebih dalam lagi dari sudut pandang yang berbeda, taat dan tunduk mempunyai makna yang berbeda. Jika kita taat maka kita akan melakukan secara tidak bersyarat. Hal ini berbeda dengan tunduk yang hanya kita lakukan dengan syarat atau kondisi tertentu.
Hal lain yang perlu kita ketahui sebelum kita membuat komitmen kepada pemimpin adalah kita harus mengetahui sisi selain jabatan pemimpin tersebut. Kita harus tahu bagaimana kehidupannya, cara hidup terutama disini yang ditekankan adalah visi hidup dari pemimpin yang harus kita taati. Visi pemimpin ini berhubungan antara apa potensi yang Tuhan telah berikan kepada kita. Kita tahu bahwa Tuhan akan menempatkan kita pada tempat yang menurut Tuhan tempat itu merupakan tempat yang terbaik, tapi itu akan terjadi jika kita senantiasa mengembangkan potensi kita di tempat yang tepat untuk pengembangan potensi kita. Nah, disinilah peran pemimpin akan mempengaruhi bagaimana ia akan menempatkan kita di tempat yang tepat untuk mengembangkan potensi kita yang tentu saja hal ini berhubungan secara langsung dengan visi yang ia ingin capai.

2. Menahuilah tugas Wakil Allah
Apa sih tugas kita sebagai Wakil Allah? Tugas kita adalah muncul dan membawa perubahan yang positif. Tugas ini jika kita baca mungkin sering kita anggap sepele, tapi sedikit orang-orang Kristen di negeri ini yang melakukan hal ini. Kurangnya inisiatif untuk melakukannya adalah hal yang menjadi masalah. Mungkin kita bisa beralasan bahwa kita minoritas, tapi apakah hal ini mengganggu atau bahkan menghambat kita untuk membawa perubahan positif?
Kita lihat Wakil Gubernur Jakarta. Dia merupakan salah satu tokoh Kristen yang mau muncul dan membuat perubahan di dalam sistem pemerintahan. Dia berusaha menjadi salah satu dari pejabat yang mempunyai integritas tinggi dan pengabdian kepada masyarakat sehingga menjadi contoh bagi pejabat-pejabat lain yang kini mulai menjadi salah satu wacana yang booming di masyarakat. Integritasnya yang beliau miliki sebenarnya bukan hanya datang dari keinginan dari hatinya sendiri, tapi juga datang dari Tuhan. Saat itu Pak Wagub ditawari bisa menjadi salah satu pejabat di Jakarta dengan cara membayar sejumlah uang. Namun hal itu ditentang oleh istrinya dan ia memberi nasehat,”Jika menjadi pengikut Yesus, jangan tanggung-tanggung.” Di situ ada pesan bahwa kita dalam mengikut Yesus, kita juga bisa menampilkan citra Kristus yang ada di dalam diri kita kepada orang yang di sekitar kita dan menjadi harapan dan terang bagi mereka.

3. Sonship
Seperti apakah hubungan yang bagus antara seorang pemimpin dan orang yang dipimpin? Itulah sonship, hubungan seperti anak dengan bapanya. Pendekatan lain dengan kita mencontoh sikap dalam kita melayani Bapa Rohani kita. Sikap ini tidak hanya berarti kita hanya melakukan tugas dari pemimpin hanya semata karena kita diberi tugas saja. Harusnya kita bisa melakukan tugas itu dengan sepenuh hati dan tanggung jawab, selain itu juga bisa membangun hubungan yang baik dengan pemimpin kita.

Apakah kamu siap menjadi pemimpin atau orang yang dipimpin?

 

Resume Khotbah oleh Divisi Intern PMK ITB.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *