Iman yang Menyelamatkan Dunia

Posted by

Berikut ini adalah sebuah kutipan langsung dari buku terjemahan yang berjudul “Kebenaran Total” karya Nancy Pearcey, terbitan Momentum. Kutipan ini berisikan tentang bagaimana kekristenan sanggup mengatasi problema sosial melalui Kebenaran yang tertuang di Alkitab. Semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk menerapkan kebenaran injil di setiap bidang yang kita tekuni.

“Kebijakan kesejahteraan Amerika telah menemui jalan buntu: Meskipun kesejahteraan telah berdampak positif bagi mereka yang hanya membutuhkan dorongan sementara untuk bisa kembali mandiri, kebijakan itu juga telah menciptakan kelas-kelas bawah permanen — orang-orang yang sangat miskin, yang tingkat kemiskinannya berhubungan dengan patologi-patologi sosial seperti kecanduan alkohol, penyalahgunaan obat-obatan, dan kejahatan. Setiap orang di kedua sisi kubu politik sepakat bahwa kesejahteraan perlu direformasi, tetapi tidak satu orang pun tahu bagaimana melakukannya.”

Seorang yang bernama Marvin Olaskylah yang menemukan jawabannya, dan ia melakukannya dengan menganalisis pendekatan Kristen tradisional terhadap amal. Di dalam meneliti banyaknya amal Kristen yang tersebar di abad ke-19, Olasky menemukan bahwa gereja-gereja memfokuskan diri di dalam bantuan pribadi yang memenuhi makna harfiah dari belas kasih (compassion) – “menderita bersama” orang lain. Mereka tidak hanya memberikan uang; mereka menolong agar orang-orang dapat mengubah hidup mereka, dengan memfokuskan pada pelatihan kerja dan pendidikan. Mereka mengharuskan orang-orang miskin melakukan pekerjaan yang berguna. Mereka membangun orang-orang tersisih untuk membangun jaringan sosial – untuk berhubungan kembali dengan keluarga dan gereja untuk bisa mendapatkan dukungan dan memberi pertanggungjawaban secara terus-menerus. Dan yang terpenting, mereka menjawab kebutuhan moral dan spiritual yang menjadi penyebab utama perilaku disfungsional.

Dimuat dalam Warta 24 Januari 2014 (tft)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *