Firman Tuhan Fondasi Hidup Manusia

Posted by

“Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya,
ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu”
(Matius 7:24)

“…Baca Kitab suci, doa tiap hari, doa tiap hari, doa tiap hari, kalau mau tumbuh…” Masih ingatkah dengan sepenggal lirik lagu ini? Lirik ini mengingatkan kita pada masa-masa sekolah minggu. Lirik lagu ini berkata bahwa untuk bertumbuh dalam rohani salah satunya melalui membaca Firman Tuhan.

Firman Tuhan dapat diibaratkan seperti ASI bagi seorang bayi. Dengan ASI inilah seorang bayi memperoleh nutrisi yang membantu dirinya untuk bertumbuh. Begitu juga dengan kita bayi-bayi rohani Allah yang membutuhkan Firman Tuhan untuk bertumbuh. Asi yang masuk ke dalam tubuh bayi dicerna menjadi kekuatan baru bagi kehidupan si bayi. Begitupun dengan Firman Tuhan, jika kita merenungkan dan melakuan di dalam kehidupan Firman Tuhan akan menjadi kekuatan bagi kita. Bahkan dikatakan “…demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung”(Yosua 1:8).
Firman Tuhan sangat berguna di dalam membangun diri, “yang mendirikan rumahnya di atas batu,”(Matius 7:24) yang akan mengokohkan dirimu di dalam Tuhan dan firman juga sebagai arah perjalanan yang Tuhan kehendaki atas dirimu, “FirmanMU pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku” (Mazmur 119:105). Firman Tuhan juga berguna “untuk menerima didikan yang menjadikan pandai serta kebenaran, keadilan dan kejujuran,” (Amsal 1:3) yang akan membentuk dirimu menjadi bijaksana, mengerti akan kebenaran yang Tuhan inginkan.

Dalam Yohanes 1:1 dikatakan bahwa Firman Tuhan itu adalah Allah. Jadi Firman Tuhan sangat membantu kita dalam mengenal dan membangun hubungan pribadi dengan Tuhan karena firman adalah Allah. Oleh karena itu, firman Tuhan itu membangun hubunganmu dengan Tuhan, dirimu sendiri, dan sesamamu. (sfs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *