Liputan: Persekutuan Doa Matrikulasi 2013

Posted by

Kau temanku, ku temanmu

“Kau temanku, ‘ku temanmu, kita selalu bersama (syalalala), seperti mentega dengan roti,” terdengar sukacita dari mulut setiap mahasiswa. Rasa saling mengenal semakin terbentuk dan suasana keakraban muncul. Ikatan kekeluargaan terjalin semakin erat. Ungkapan syukur terus dinaikkan kepada Tuhan atas segala berkat dan penyertaan-Nya yang luar biasa boleh dirasakan.

Demikian gambaran di atas terjadi pada Persekutuan Doa Matrikulasi 2013 yang dilaksanakan kemarin (Jumat, 28 Juni 2013). Persekutuan Doa Matrikulasi (selanjutnya disingkat PD Matrikulasi) ini dihadiri oleh setiap mahasiswa Kristen Bidik Misi 2013 dan kakak-kakak dari Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) ITB angkatan 2012-2009 yang sedang berada di Bandung. Berhubung keterbatasan tempat, acara PD Matrikulasi kali ini dibagi menjadi dua lokasi, yaitu bertempat di selasar lantai 2 Labtek VI dan selasar lantai 2 Labtek VII.

Penulis berada di lokasi labtek VII saat PD Matrikulasi berlangsung. Di Labtek VII ini, dihadiri oleh para mahasiswa dari fakultas FTI, FTSL, FTTM, SBM, SF, SITH, dan SITH-R. Pada pukul 16:00, MC dari PD Matrikulasi di Labtek VII, yaitu Domi (TA’12) dan Jessica (TK’12) menyambut setiap mahasiswa dengan semangat, “Syalom!!”. Lalu, kami bersama-sama menyuarakan salam khas PMK ITB, dimulai dari MC bertanya, “Apa kabar PMK ITB ?” Setiap anak menjawab, “Luar Biasa! Yesus dahsyat! RAWR!”

MC PD Matrikulasi di Labtek VII

Kakak-kakak dari SAPPK

Luar Biasa! Yesus Dasyat! Rawr!

Acara diteruskan dengan perkenalan dari setiap mahasiswa yang datang. Setiap mahasiswa menyebutkan nama mereka, fakultas, dan asal sekolah. Dari sini, diketahuilah bahwa begitu beragamnya latar belakang setiap mahasiswa. Ada yang berasal dari Bandung, Jakarta, Sumatara, Kalimatan, Sulawesi, dan Maluku. Meskipun semua berbeda-beda latar belakang, namun setiap kita percaya bahwa kita semua satu keluarga di dalam Tuhan.

Selanjutnya, acara berlanjut ke lagu-lagu kesatuan dalam Tuhan seperti “Mentega dan Roti” dan puji-pujian yang memuliakan nama Tuhan. Dalam lagu dan pujian, bersama setiap kita mensyukuri segenap anugerah dan penyertaan Tuhan, mulai dari kita kecil hingga boleh berada di kampus ITB. Kemudian, diakhiri dengan tekad kita bersama untuk bersatu hati melakukan pekerjaan-pekerjaan yang memuliakan Tuhan dan menyenangkan hati Tuhan.

Mentega dengan Roti

Bersuka dalam Tuhan

Sebuah permainan disisipkan untuk semakin mencairkan suasana di PD Matrikulasi ini. Pada permainan ini, masing-masing mahasiswa mendapatkan secarik kertas yang harus diisi dengan nama-nama mahasiswa yang hadir di PD Matrikulasi untuk berbagai pernyataan seperti “memakai sepatu dengan ukuran lebih besar dari 40”, “tidak suka film horror”, “anak pertama di keluarga”. Di akhir permainan, beberapa pemain diminta untuk mencari nama-nama yang sudah dituliskan di kertas. Dari permainan ini, kita bisa semakin mengenal satu sama yang lain dengan cara yang unik dan menyenangkan.

Games PD Matrikulasi

Pada kesempatan berikutnya, Bang Hans (AE,’12) mengajak kita yang di Labtek VII untuk merenungkan proses kita masuk ke kampus ITB ini. Bersama kita menyadari dan meyakini, bahwa kita dapat berada di kampus ini bukan karena kepintaran dan kekuatan kita, namun karena anugerah Tuhan dan rancangan-Nya. Jadi, jika mungkin ada yang kecewa dengan fakultas yang sekarang dimasuki karena tidak masuk ke fakultas yang diinginkan, mari bersama memahami bahwa Tuhan sudah memiliki rancangan yang indah buat hidup kita, jauh sebelum kita ada di dunia. Kalau kita mensyukuri setiap keadaan yang kita peroleh, kita percaya bisa melihat betapa indahnya rancangan Tuhan buat hidup kita.

Setelah bersama merenung, kita membagi kelompok berdasarkan fakultas/sekolah untuk melakukan sharing-sharing antar mahasiswa baru dan kakak dari PMK. Di sharing-sharing ini, kita berbagai kisah hidup, berbagi perasaan saat diterima di ITB, dan tentang apa yang akan dihadapi ke depannya. Sungguh menarik, bisa berbagi rasa dan saling menguatkan. Dari sini kita diingatkan, untuk selalu tetap fokus kepada Tuhan, jangan sampai kita kehilangan komunikasi dengan Tuhan. Biarlah kita bisa mempunyai waktu-waktu pribadi dengan Tuhan setiap harinya.

Tak terasa, PD Matrikuasi sudah berada di penghujung acara. PD Matrikulasi ini ditutup dengan doa bersama untuk mensyukuri atas penyertaan Tuhan serta memohon penyertaan Tuhan untuk ke depannya. Tak lupa, kami mengadakan foto bersama sebagai kenang-kenangan. Sampai jumpa kawan di PD-PD berikutnya! (ens)

 Foto Bersama

*foto-foto lainnya akan segera diunggah di Laman Rana PMK pada bulan Agustus 2013. Cek di: fb.me/ranapmkitb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *