Saling ……..

Posted by

Hari Rabu yang lalu, beberapa pengurus PMK datang ke ITB Jatinangor untuk persekutuan doa (PD) bersama para penghuni asrama Jatinangor. persekutuan doa dimulai dengan sharing Firman Tuhan dari Abang Cavin Simorangkir (SI’10). Dia memberikan dua kondisi (ilustrasi) : kondisi pertama adalah kondisi saat mata kita terbuka, tetapi sekeliling kita benar-benar gelap tanpa ada cahaya sedikitpun. Kondisi kedua, mata kita tertutup padahal sekeliling kita terang benderang. Pada kedua kondisi ini, apakah kita mau berjalan atau kita memilih untuk diam di tempat? Sebagian dari kita pasti takut untuk berjalan atau minimal bergerak. Seringkali itulah yang terjadi di dalam hidup kita. Di kondisi pertama, hidup kita terang, setia dan kudus di hadapan Allah, tetapi sekeliling kita adalah lingkungan yang sangat merusak. Di kondisi yang kedua, kita adalah seseorang yang tidak hidup di dalam Tuhan, padahal kita dikelilingi oleh orang-orang sangat kudus bahkan orang-orang yang menjadi pelayan Tuhan.
Sebagai orang yang sudah percaya dan menerima Tuhan Yesus menjadi Juruselamat dalam hidup kita, seharusnya kita melakukan persekutuan seperti yang dilakukan jemaat mula-mula (Kisah Para Rasul 2 : 41-47). Perikop ini menjelaskan tentang bagaimana jemaat yang mula-mula bertekun di dalam persekutan dan menjadi berkat bagi sesama. Di dalam suatu persekutuan yang baik, ada 8 hal yang harus diperhatikan :
1. Saling mengasihi (Yohanes 13 : 34)
2. Saling memperhatikan (1 Korintus 12 : 25)
3. Saling menasehati (Ibrani 10 : 25, Roma 15 : 14)
4. Saling mendoakan (Yakobus 5 : 16)
5. Saling memaafkan (Kolose 3 : 13)
6. Saling menerima (Roma 15 : 7)
7. Saling melayani (Galatia 5 : 13)
8. Bersikap rendah hati (1 Petrus 5 : 5)

Melalui persekutuan, kita bisa semakin dikuatkan dan bahkan menjadi berkat bagi sesama. Contohnya ketika nilai ujian kita jelek namun kita masih bisa bersyukur dan bersukacita, orang lain akan melihat karakter Allah di dalam diri kita. Bisa saja mereka tertarik untuk mengenal Allah kita, itu sebuha berkat, bukan?

Jadi, ketika Tuhan masih memberikan kesempatan kepada kita untuk bersekutu bersama saudara seiman, lakukanlah itu dan upahmu pasti besar di Surga. Tuhan memberkati! :laugh:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *