ManTu Ideal

Posted by

Pembicara : Kak Mariana Marcelia

” Tanpa pengetahuan kerajinan pun tidak baik; orang yang tergesa – gesa akan salah melangkah. ” Amsal 19 : 2

 

Kolose 3 : 23

” Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. ”

 

 Tuhan tidak mau anak – anakNya membedakan sekuler & rohani. Terkadang kita sebagai mahasiswa menggolongkan kegiatan – kegiatan yang kita lakukan sebagai kegiatan rohani dan kegiatan sekuler. Tanpa sadar hal yang kita lakukan itu bukan kehendak Tuhan. Tuhan tidak mau kita membedakan antara sekuler dan rohani karena kita akan mempunyai kecendrungan untuk memilih salah satu.

 

 

Kita diciptakan untuk kemuliaan Tuhan.

 Yesaya 43 : 7

” semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan! ”

 

Wahyu 4 : 11

” Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji – pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan.”

 

Seperti yang kita ketahui sebelum lahir baru kita mempunyai tujuan dan rencana yang kita rancang sendiri tanpa campur tangan Tuhan Yesus. Setelah kita lahir baru, barulah kita mengubah tujuan dan rencana yang kita rancang dengan penyertaan Tuhan sehingga tujudan dan rencana kita berubah dari tujuan yang sia – sia menjadi tujuan kekal.

 

Menggunakan waktu sebaik mungkin.

Mazmur 90 : 5-6

” Engkau menghanyutkan manusia; mereka seperti mimpi, seperti rumput yang bertumbuh, di waktu pagi berkembang dan bertumbuh, di waktu petang lisut dan layu. ”

 

sekarang ini rata – rata lama hidup setiap manusia adalah 25550 hari. itulah jangka hidup manusia jika termasuk orang pada umumnya. singkat bukan ?

bisa di bilang, kehidupan kita itu sebentar seperti embun. tidak ada yang tahun waktu hidup masing – masing orang. Jadi alangkah baiknya jika kita menggunakan waktu kita dengan bijaksana.

 

ada 7 tuntunan alkitabiah dalam menghemat waktu :

1. Goal setting

Yohanes 9 : 4

” Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja. ”

 

sebaiknya kita mulai merencanakan tujuan hidup kita ( goal kita ) selama kita hidup.

 

2. Plan

Amsal 24 : 6

”  Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak. ”

 

Lukas 14 : 28 – 31

” Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu? Supaya jikalau ia sudah meletakkan dasarnya dan tidak dapat menyelesaikannya, jangan-jangan semua orang yang melihatnya, mengejek dia, sambil berkata: Orang itu mulai mendirikan, tetapi ia tidak sanggup menyelesaikannya. Atau, raja manakah yang kalau mau pergi berperang melawan raja lain tidak duduk dahulu untuk mempertimbangkan, apakah dengan sepuluh ribu orang ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan dua puluh ribu orang? ”

 

mari kita merancang rencana kita. Alangkah lebih baik jika kita merancangnya setiap hari sebelum memulai hari – hari kita.

 

3. Pray

Yakobus 4 : 13 – 15

” Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung “, sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Sebenarnya kamu harus berkata: “Jika Tuhan menghendakinya , kami akan hidup dan berbuat ini dan itu. ”

 

jadi mulailah dengan doa. Tanpa pimpinan Tuhan semuanya akan sia – sia saja.

 

4. Andalkan Tuntunan Roh Kudus

Roma 8 : 6

” Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. ”

 

jangan lupa ketika kita mau melakukan rencana kita hari ini, berdoa minta tuntunan Roh Kudus dalam hari ini.

 

5. Buang keinginan daging

Roma 8 : 7

” Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. ”

 

jangan biarkan keinginan daging menguasai setiap diri kita. contoh dari keinginan daging adalah menunda – nunda pekerjaan.

 

6. Nikmati apa yang kamu lakukan

setiap yang kita lakukan, lakukan seperti melakukannya untuk Tuhan. jangan lupa ketika kita meakukan segala hal, nikmati kegiatan itu. setiap orang pasti punya caranya sendiri untuk menikmati hari ini.

 

7. Evaluasi penggunaan waktu

Mazmur 90 : 12

” Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian , hingga kami beroleh hati yang bijaksana. ”

 

jangan lupa setelah kita melakukan 6 hal di atas, evaluasi segala hal. apakah kita melakukannya dengan benar dan sesuai dengan rencana Tuhan ?

terlebih minta hari esok yang lebih baik dan lebih baik lagi sama Tuhan.

Jangan menolak evaluasi diri sendiri tetapi malah gampang mengevaluasi orang lain.

terlebih jangan lupa diaplikasikan jangan hanya kita mengerti saja.

jadi, mau belajar untuk manage waktu ?

 

Jangan lupa minta sama Tuhan

Tuhan memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *