Baca Kitab Suci, Doa Tiap Hari, Kalau Mau Tumbuh

Posted by

Pembicara: Mas Dafid H.

 

Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau, janganlah biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah-Mu.” Mazmur 119 : 9-10

 

Kejadian 1:28 “Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi   dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas   ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.””

 

DISELAMATKAN DENGAN TUJUAN

Tujuan hidup orang Kristen atau orang yang telah diselamatkan adalah untuk mempermuliakan Bapa di sorga dengan cara menghasilkan buah yang diperumpamakan dengan pokok anggur (Yohanes 15:1-8)

Bagaimana Hidup Berbuah ?

Secara teknis dapat dikatakan bahwa sejak kita menjadi orang Kristen maka eksistensi (keberadaan) dan esensi (hakekat) kehidupan Kristen kita ditentukan oleh suatu kerangka acuan (frame of  reference) yang menurut Yohanes 15:1-8 adalah “tinggal di dalam Kristus”.

 

FIRMAN TUHAN DAN KETAATAN

Pemahaman secara lengkap terhadap perumpamaan pokok anggur (Yohanes 15:1-8) menunjukkan, bahwa kerangka acuan tinggal di dalam Kristus itu memiliki 2 komponen utama  yaitu : Firman Tuhan (ayat 3,7) dan ketaatan untuk tinggal di dalam Kristus (ayat 4,7).

 

ASPEK-ASPEK KETAATAN

Alkitab memberikan penjabaran yang sangat baik berdasarkan teladan jemaat yang pertama di Yerusalaem (Kisah Rasul 2:41-47).

Aspek-aspek ketaatan yang dimaksud, adalah:

  • Bersekutu (2:42, 44, 46)
  • Bersaksi (2:41, 47)
  • Melayani (2:44,45)
  • Berdoa (2:42)

 

Ada 5 tipe orang kristen, berdasarkan perkembangan dari aspek Firman Tuhan  maupun aspek ketaatan:

  1. Orang Kristen yang tidak bertumbuh. Pemahaman akan Firman Tuhan dan ketaatan untuk melakukannya dalam bersekutu, bersaksi, melayani, dan berdoa tetapi berada pada tahappaling dasar. Sesungguhnya sulit dibayangkan ada orang Kristen yang demikian.
  2. Orang Kristen yang berusaha untuk memperoleh pemahaman secara akali (intelektual) terhadap Firman Tuhan, tetapi tanpa keterikatan untuk taat terhadap yang diamanatkan oleh Firman Tuhan itu. Firman Tuhan dipelajarinya hanya sebagai pengetahuan saja. Bahayanya, adalah berkembangnya semacam intelektualisme rohani.
  3. Orang Kristen yang berusaha keras untuk aktif dalam berbagai kegiatan rohani, tetapi sayangnya mereka melaksanakan berbagai kegiatan tersebut tanpa pemahaman yang memadai tentang Firman Tuhan, yang seharusnya dijadikan dasar bagi semua kegiatan mereka. Bahayanya, adalah berkembangnya aktivisme rohani, artinya pelayanan Kristen dipandang sebagai wahana dan sarana kegiatan saja.
  4. Orang Kristen yang suam. Kerinduan akan  Firman Allah sangat terbatas, sedangkan usaha untuk taat hanya seadanya saja. Bahayanya, kekristenan dari tipe ini hanya sekedar mempertahankan status quo.
  5. Orang Kristen yang bertumbuh. Pertumbuhan ini dimungkinkan oleh adanyakeseimbangan antara kerinduan untuk mempelajari Firman Tuhan dan ketaatan untuk mengaplikasikan Firman Tuhan itu dalam persekutuan, kesaksian, pelayanan dan kehidupan doa.

 

PENTINGNYA DOA

Ketaatan Kristen dalam wujud persekutuan, kesaksian dan pelayanan itu hanya dapat dilaksanakan, kalau sungguh-sungguh bergantung kepada Tuhan. Wujud ketergantungan kepada Tuhan adalah ketaatan dalam doa.

Jika seandainya kita tidak memunyai waktu, berarti kita lebih sibuk dari apa yang Allah kehendaki bagi kita. Cari tempat yang baik untuk bersendiri dengan Allah, agar perhatian kita benar-benar dapat dipusatkan. Markus 1:35 “Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap Ia bangun dan pergi keluar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.”  Kapan saja kita dapat bersekutu dengan Allah, kita harus mencurahkan perhatian kita agar dapat berbicara kepada Allah melalui doa dan Dia dapat berbicara kepada kita melalui Alkitab

 

Keselamatan yang Tuhan berikan menuntut agar kita berbuah lebat Pertumbuhan yang sejati hanya mungkin jika kita hidup dalam ketaatan akan Firman Tuhan Doa adalah salah satu bentuk ketaatan akan Firman Tuhan dan wujud akan kebergantungan kita kepada Allah, melalui doa kita berkomunikasi kepada Allah dan Allah akan menjawab doa kita melalui firman-Nya. J

Tuhan Berkati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *